27 Apr 2016

Cara Memperbaiki AC yang Tidak Dingin | Service AC Jogja

0 Comment

Penggunaan AC atau penyejuk ruangan bagi sebagian rumah tangga sudah merupakan kebutuhan. Dengan AC suasana di rumah menjadi lebih nyaman. Untuk menjaga kenyamanan tersebut maka harus dilakukan pemeliharaan terhadap AC. Jika tidak maka AC akan menjadi kurang dingin dan boros tenaga Listrik.

Meskipun sudah dirawat terkadang AC masih juga tidak dingin meskipun blower indor tetap mengeluarkan angin, namun yang keluar hanya angin saja. Kerusakan A dengan gejala demikian banyak penyebabnya.
Diantaranya adalah kurangnya gas freon, condensator outdoor rusak atau kompresor AC rusak

1. Periksa Kipas Outdoor AC
Jika tahap 1 telah dilakukan namun AC tetap tidak dingin, cobalah hidupkan AC dan perhatikan apakah kipas pada outdoor AC berputar. Jika kipas tidak berputar setelah beberapa lama AC dihidupkan berarti ada masalah pada Kipas tersebut. Untuk memastikannya matikan dan cabutlah sumber listrik dari AC. Setelah itu buka tutup atas dari outdoor AC.

Periksalah kabel-kabel dan terminal-terminal terutama yang menuju ke kipas. Perhatikan apakah ada kabel yang hangus atau kendur. Perbaiki jika ada kabel yang hangus atau kendur.

2. Periksa Kondensator / Kapasitor Outdoor AC
Jika tahap 2.1 telah dilakukan namun kipas tetap tidak menyala periksalah kondensator. Kondensator ini bentuknya bulat seperti tabung. Umumnya jika kondensator rusak maka kondensator ini akan menggelembung meskipun tidak selalu demikian. Jika kondensator rusak ganti dan coba hidupkan lagi AC

3. Periksa Impedansi Kipas
Jika step 2.2 telah dilakukan dan kipas tetap tidak bisa berputar periksa impeansi kipas. Tahap ini hanya dapat dilakukan oleh orang yang memiliki pengetahuan teknik listrik cukup dan memiliki alat ukur. Ukur dengan multimeter kabel yang menuju ke kipas. Biasanya impedansi kipas yang bagus akan menunjukan beberapa puluh ohm. Jika impedansi terukur sangat kecil atau mendekati short atau nol atau sangat besar atau open, ganti kipas tersebut

4. Periksa tegangan menuju ke kipas
Jika step 2.3 telah dilakukan dan kipas tetap tidak bisa berputar periksa tegangan menuju ke kipas. Tahap ini hanya dapat dilakukan oleh orang yang memiliki pengetahuan teknik listrik cukup dan memiliki alat ukur. Hidupkan AC lalu periksa tegangan menuju ke kipas dengan multimeter. Jika tidak ada tegangan matikan AC dan cabut sumber listriknya lalu periksalah kabel yang menghubungkan indoor unit dan outdoor unit. Amati apakah ada kabel yang hangus atau cacat karena digigit tikus misalnya.
Jika ada perbaiki. Jika tidak ada periksa kabel terminal di indoor unit yang berasal dari outdoor unit. Perhatikan apakah ada kabel atau terminal yang hangus atau kendur. Jika ada perbaiki. Jika tidak ada dan anda mempunyai pengetahuan yang memadai dibidang listrik atau elektronik anda bisa melanjutkan pemeriksaan di bagian rangkaian kontrol AC. Jika tidak sebaknya anda panggil tukang servis AC.

5. Periksa Kondensator / Kapasitor untuk Kompresor
Jika kipas Outdoor AC berputar namun AC tidak dingin periksa kondensator untuk Kompresor. Kondensator untuk kompresor terkadang digabung dengan kondensator untuk kipas dalam satu kemasan dan terkadang tersendiri. Periksa kondensator untuk kompresor seperti step 2.

6. Periksa Spark Gap / MOV
Spark Gap / MOV berfungsi sebagai pengaman rangkaian jika terjadi kejutan tegangan listrik. Bentuknya seperti uang logam. Jika pecah atau hangus ganti spark gap tersebut.

7. Periksa Kompresor
Untuk memeriksa kompresor ikuti cara step 2.3 dan 2.4 hanya saja kali ini lakukan step tersebut untuk kompresor.

8. Panggil jasa Service AC di jogja
Kami siap membantu anda dalam service AC, perbaikan AC, perawatan AC, maintenance AC, service ac Jogja, service ac di Jogja

referensi: frenelektronik

[top]
About the Author


Jawara Service AC Jogja | Sewa AC di Jogja |Service Kulkas | Jual Beli AC | Service AC Mobil di Jogja Telepon: 0856 0000 6030 Mobile: 081328547547 Jl. Setyaki, Wirobrajan WB 2 / 363 Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *